14 Langkah Mengendalikan Mimpi (Lucid Dream)


BENARKAH manusia dapat mengendalikan mimpi saat tidur? Atau hanya mitos? Faktanya, seseorang bisa mengendalikan mimpinya apabila ia berada pada kondisi lucud dream, yaitu keadaan ketika seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi. Dengan lucid dream, seseorang secara sadar bisa mengeksplorasi mimpinya.
Tidak perlu ilmu khusus atau kekuatan supranatural untuk melakukannya, karena semua ini murni sains dan logis. Semakin tinggi tingkat lucidity mimpi, maka semakin leluasa kita melakukan proyeksi untuk pemunculan objek dan sejenisnya.
Ketika kita mencapai tingkat lucidity tertinggi, kita menjalani kehidupan alam mimpi hingga 80% seperti kehidupan nyata, seperti saraf-saraf yang terasa aktif bekerja, visual yang baik, indra perasa, pendengar, atau peraba yang mungkin sama seperti keadaan normal ketika kita berada di kehidupan nyata.
Frederick van Eeden, seorang psikolog dan ilmuwan Belanda, menjadi orang pertama yang menggunakan istilah lucid dream, melalui jurnalnya, “A Study of Dreams”, tahun 1913. Lucid dream bisa diartikan sebagai “mimpi yang jelas”, dari bahasa Latin Lux=cahaya dan dream=mimpi. Dalam jurnal tersebut, ia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912.
Jika hal ini terus dikembangkan, akan menjadi prospek yang baik untuk kepentingan masyarakat kelak, entah sebagai terapi, meditasi, atau sejenisnya. Sejak berabad-abad fenomena lucid dream telah banyak disebutkan. Tetapi baru beberapa dekade ini, atau sejak Dr. Stepehen Laberge, seorang dosen di Stanford University dan dr. Lynn Nagel, memberikan hasil penelitiannya, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena lucid dream.
Suku Indian, misalnya. Para shaman (dukun) menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat. Pada abad ke-5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa ia tersadar dalam mimpinya. Abad ke-8, lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku “Tibetan Book of the Dead”, mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan bagaimana menjaga kesadaran dalam mimpi.
Hingga wwal abad ke-19, seorang ilmuwan, Marquis d’Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku, “Dreams and How to Guide Them”. Berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, di dalamnya dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, termasuk dream recall, kondisi mengingat jelas pengalaman saat bermimpi.
Untuk lebih memahami lucid dream, tontonlah film “Inception”, besutan sutradara Christoper Nolan. Aktor Leonardo DiCaprio dan kelompoknya, dalam film tersebut mampu mengendalikan mimpi yang terhubung satu sama lain. Mereka mampu mengorek informasi penting dari lawan mereka atau mempengaruhi orang untuk mengambil keputusan penting. Mimpi mereka pun berlapis-lapis, artinya ada tingkatan kedalaman mimpi atau tingkat keterlelapan.
Berikut ini cara atau langkah-langkah mengendalikan mimpi (lucid dream) menggunakan beberapa metode.
1. Pada siang hari, seringlah bertanya, apakah aku bermimpi? Lakukan hal ini kapanpun kamu ingat. Dengan latihan yang cukup, secara otomatis kamu akan mengingatnya ketika mimpi.
2. Buatlah sebuah buku catatan atau jurnal mimpi. Letakkan jurnal dekat yempat tidur. Tuliskan apa yang terjadi dalam mimpimu semalam segera setelah bangun.
3. Pelajari waktu terbaik untuk mendapatkan lucid dream. Dengan menjadi sadar akan jadwal tidur, kamu dapat mengatur pola tidur untuk membantu memicu lucid dream.
4. Lakukan teknik MILD (Memonic Induction of Lucid Dreaming). Atur alarm untuk membangunkanmu 5-7 jam setelah kamu tidur. Ketika kamu dibangunkan oleh alarm, cobalah untuk mengingat mimpimu sebanyak mungkin kamu bisa. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin besar bayangan tersebut akan meresap dan kemungkinan mendapatkan Lucid Dream.
5. Lakukan Teknik WBTB (Wake Back To Bed), teknik ini biasanya paling berhasil dibanding teknik yang lainya. Atur alarm sampai 5 jam setelah tertidur.
Saat terbangun, tetaplah terjaga selama kira-kira 1jam dengan pikiran terfokus pada lucid dream saja. Lalu tidurlah kembali menggunakan teknik MILD.
6. Cobalah Teknik WILD (Wake Initiated Lucid Dream). Pada dasarnya ketika kita tertidur, kita membawa kesadaran dari saat kita bangun langsung menuju tidur. Kamu memulainya sebagai sebuah lucid dream. Cara termudah untuk mencoba teknik ini adalah jika kamu mengambil tidur siang atau tidur selama 3-7 jam.
7. Lakukan Teknik Diamond Method of Meditation
(DMM), yaitu bermeditasi dengan membayangkan kehidupan ketika terjaga dengan alam bawah sadar pada saat yang sama sekaligus.
8. Libatkan diri ke dalam subjek lucid dream. Pelajari lebih dalam mengenai metode ini dengan menonton film bertema Lucid Dream, seperti Waking Life, Vanilla Sky, dan Inception.
9. Cobalah menandai “A” (yang berarti “Awake”) di telapak tangan. Setiap kali melihat “A” selama kamu terjaga, tentukan apakah kamu bangun atau tertidur. Ketika kamu melihat “A” dalam tidur, artinya kamu telah mendapatkan lucid dream.
10. Biasakan melakukan pemeriksaan kenyataan setiap kali sesuatu tampak luar biasa, sangat membuat frustasi, atau tidak masuk akal atau DILD (Dream Induced Lucid Dreams). Kebiasaan ini akan terbawa masuk ke alam mimpi. Salah satu cara dalam mencari tanda-tanda mimpi, elemen yang sering terjadi selama bermimpi, cari dalam jurnal mimpimu, atau hal-hal yang biasanya tidak ada dalam kehidupan nyata.
11. Memperpanjang lucid dream dengan memutar tubuh atau jatuh ke belakang dalam mimpi. Berhati-hatilah saat berputar. Ingatkan dirimu bahkan saat terjatuh bahwa kamu sedang bermimpi, karena kamu akan menemukan diri di lokasi yang sama sekali berbeda saat kamu berhenti berputar atau menyentuh tanah. Jika kamu merasa mimpi bergetar atau akan memudar, lihatlah ke tanah dan visualisasikan sekitar, ingatkan dirimu sedang bermimpi.
12. Jadilah lebih pro-aktif tentang impianmu, memiliki tujuan dalam pikiran dan cobalah untuk mencapainya.
13. Dengarkan binaural beats, sering digunakan untuk menginduksi lucid dream, dan banyak yang menjamin bahwa metode ini secara dramatis meningkatkan tingkat keberhasilan. Secara teoritis, mendengarkan binaural beats menurunkan frekuensi otak, memicu efek yang berbeda seperti relaksasi dan induksi mimpi. Cari binaural beats theta, karena menggunakan frekuensi gelombang otak yang sama saat berada di alam mimpi.
14. Lihatlah mimpi sebelumnya dalam jurnal mimpi. Jika mulai melihat pola dalam mimpi, kamu akan melihat tanda mimpi, atau hal-hal tertentu yang terus muncul dalam mimpi. Misalnya, semua mimpimu terjadi di halaman belakang, atau semua mimpi memiliki kesenangan di dalamnya.

31 komentar

Asli seru banget kalo kita bisa mengendalikan mimpi. Mungkin PR atau Pekerjaan yang sulit bisa kita kerjakan sambil tidur ;)

Reply

kyanya seru.. udah nyoba berkali-kali tapi gagal. try nulis jurnal mimpi dulu.
thanks infonya

Reply

Saya pernah mengalami mimpi yang sangat seperti nyata 90%. saat itu saya bermimpi bahwa saya dibangunkan oleh seorang teman dekat saya di tempat yang sama saat saya tidur, dengan pakaian yang saya kenakanpun sama persis seperti pakaian yang saya pakai saat saya tidur. banyak perbincangan aneh disana namun seperti nyata sekali, saya berbicara dan berfikir seperti saat saya sadar. dan ketika saya bangun saya berkeliling rumah untuk mencari teman-teman saya yang hadir dalam mimpi tersebut, namun tidak ada seorangpun yang saya temukan dan bahkan saya tidak percaya sama sekali bahwa ternyata saat itu saya bermimpi.. semuanya terasa dan terlihat seperti nyata.

Reply

hati hati saya pernah melakukanya tapi kebablasan dimana kondisi sadar 100% kalo itu mimpi tapi disaat ingin menyadarkan diri hal itu tidak terjadi rasanya seluruh badan kaku tidak bisa bergerak kalo diceritaain begini gak bisa mewakili seremnya kejadian itu, kalo saya gak pake cara diatas saya cukup mengunakan trik memikirkan hal logis,,,berkata pada diri sendiri dan mengamati keanehan yang tak akan terjadi didunia nyata dan sadar deh kalo ini mimpi selanjutnya kendalikan mimpi ingat jangan lupa kalo itu mimpi kalau lupa anda seketika akan masuk ke mimpi sesungunnya dan tak sadar kalo itu mimpi inilah hal yang terrumit...

Reply

lu lihat diri lu sedang tidur di tempat tidur dan lu mau nggerakin badan gak bisa kayak ada magnet rasanya ber getar gitu :v . dibikin asik aja :v .
mimpi akan terasa nyata jika kau tak terbangun dan merasa aneh di kenyataan :v .
lu nontonya Inception sih :v

Reply

gue juga pernah gitu, saat mimpi udah sampek kemana-mana, trus gue sadar kalo itu mimpi, dan ingat kalo gue bakal bangun kesiangan... pas gue mau bangun, mimpi-mimpi gue hilang menjadi putih bersihh... dalam hati gue teriak-teriak "bangunnn!!!" berkali... tapi susah banget buka mata gue... beneran gak bohong... pandangan gue cuma putih bersih... tau-tau udah ada yang bangunin, katanya gue tidur itu gerak-gerak cepat kayak panik gitu...

Reply

bisa gitu yaa, pingin coba,, aku cuman bisa menyadari kalo aku sedang bermimpi belum bisa mengendalikannya tapi klo mimpi itu terlalu berat aku bisa memutuskan diriku untuk bangun,, tapi kenapa yaa di setiap mimpiku mempunyai tempat yang hampir mirip

Reply

Pernah nyoba sih beberapa kali dibantu pake visual suara binaural sblum tidur, hasil nya berhasil tapi lucid dream nya singkat kebangun mulu abis itu kepala sakit pas bangun

Reply

Pernah nyoba sih beberapa kali dibantu pake visual suara binaural sblum tidur, hasil nya berhasil tapi lucid dream nya singkat kebangun mulu abis itu kepala sakit pas bangun

Reply

pernah malahan parahhh, Ketindihan + Lucid Dream + De javu = Terjadi besok njayyy amazing

Reply

Tes keaslian madu Anda dengan cara "pintar" di http://tentangmadulebahhutan.blogspot.co.id/2017/04/semua-tentang-madu-lebah-hutan.html

Reply

Selamat Datang di Blog Nomor Togel Tembus :
Izinkan kami membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
Jangan Anda Putus Asa…Anda udah berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..
Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja…
Jika anda Membutuhkan Angka Gaib Hasil Ritual Dari Eyan Guru
2D,3D,4D di jamin Tembus 100% silahkan:
Adapun Besar Biayanya tergantung Paket Kami berikan :
1, PAKET 2D : Rp 500,000
2. PAKET 3D : Rp 1,000,000
3. PAKET 4D : Rp 1,500,000
4. PAKET 6D : Rp 2,500,000
Semua Biaya diatas tidak sebanding dengan angka ramalan yang kami berikan…
Tapi ingat setelah anda succes dengan angka ritual kami..
sisikan sedikit buat orang yang membutuhkan nya…!!!
Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka kami silahkan Anda:
FORMAT PENDAFTARAN
Kpd Yth!! Bpk/ibu
Yang Sedang Dililit Utang Kami Atas
Nama Team Nomor Togel Tembus
Bersedia Membantu Anda Dengan Angka GAIB,
Hasil RITUAL Sendiri, Cara Bergabung Jadi Member ?
KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#
Lalu Kirim Ke No Hp EYANG GURU : ( 0853 4646 0583 )
NB : Sebelum Anda Memutuskan Untuk Bergabung,Perlu Anda Pahami
Bahwa Angka Yang Di Berikan Bukan Angka Acakan Atau Rumusan...
Tapi Melalui Ritual Yang Telah Di Akui Banyak Orang Dan Sangat Bermanfaat...
Tidak Menjanjikan Yang Manis-Manis Apalagi Sesuatu Yang Pasti Kami Tdk Mendahului Yang Maha Kuasa (ALLAH WATAALAH).
Call Di Nomer : +6285346460583
EYANG-GURU
Jaminan 5x Putaran Gol berturut-turut
Cuma 2 Lubang Tanpa Bb
Thank’s Kawan..Semoga Aja Jp Dan Sehat Selalu..!











Reply

setiap malam kalo saya sedang bermimpi aku selalu bisa mengendalikan gerak, sadar saya dalam mimpi, apa yang harus saya lakukan dalam mimpi, saya ingin merubah mimpi saya, semua bisa saya lakukan, termasuk saya akan usil kepada orang yang ada dalam mimpi saya trus orang yang saya usilin marah dan saya berlari dengan menghentakan badan dalam mimpi itu dengan mikir ganti mimpi (seperti film jumper) saya bakal masuk dalam mimpi baru, tapi tiap kali melakukan perpindahan mimpi ada efect samping dari itu semua, ketika saya ingin merubah mimpi saya sendiri, saya akan masuk kedalam mimpi lagi dimana saya melihat diriku sendiri sedang tidur keadaan ini biasanya saya alami sampe 3x masuk mimpi lagi, hingga saya bingung sendiri kadang udah bangun atau belum ya. kok masih dalam keadaan tertidur. Ada effect samping juga di kehidupan nyata saya, saya terkadang bila dalam keadaan kurang sadar bisa merasa klo ini mimpi.

Reply

Poin ke 5 yang udah bisa saya buktiin, rasanya bener² amazing, saya bener² bisa merasakan ,meraba, mendengarkan dan melihat hampir 100%. Apalagi kalo saya saya seang membayangkan klo sya sedang terbang, itu benar² rasanya seperti terbang sungguhan! tekanan, gravitasi dam suhu semnuanya seperti nyata

Reply

wow, aku pernah tidur, tapi kayak dah bangun gitu, kaki terbang ngelayang gitu,

Reply

Most excellence mysteries and tips depend on many elements that all need to cooperate. Maybe the main part of figuring out how to be lovely is dealing with Fitness the skin. Men tend to neglect their skin, since they don't understand what an effect it can make.

Reply
37A79Galilea2F27C Admin

Post a Comment